9 Mitos Hewan Pengirim Berita

Posted on

Kehidupan para leluhur kita pada masa itu sangat dekat dengan alam, mereka sangat menjaga dan melestarikan alam. Jaman itu, teknologi belum secanggih sekarang. Mereka tidak bisa sewaktu-waktu komunikasi dengan saudara-saudara yang berada di lokasi jauh.

Teknologi sekarang memang semakin maju, bisa menjauhkan dengan yang dekat dan mendekatkan dengan yang jauh. Sejalan dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, lingkungan alam kita mulai terganggu. Seolah-olah kita sudah tidak bersahabat dengan alam.

Dalam artikel ini kami sampaikan beberapa mitos hewan pembawa berita sebagai bukti bahwa para leluhur kita sangat dekat dengan alam.

Mitos Burung Prenjak

Para leluhur sangat meyakini bahwa akan ada tamu jika ada burung prenjak berkicau di sekeliling rumah. Entah kebetulan atau memang betul adanya, ketika ada burung prenjak berkicau di sekeliling rumah maka tidak selang lama akan datang tamu. Apa mitos ini masih juga bisa dibuktikan di jaman sekarang ?

Tentu saja beda, karena sekarang sudah jaman canggih, orang mau datang sudah komunikasi via telp. Keberadaan burung prenjak pun juga sudah langka.

Burung Gagak/ Burung Hantu

Mitos Burung gagak sangat identik dengan berita buruk, jika ada burung gagak terbang mengelilingi rumah atau hinggap di atap rumah maka akan ada anggota keluarga tersebut yang meninggal atau minimal tertinpa musibah.

Dalam kehidupan di pedesaan mitos ini sangat melekat, dan kalau ada burung gagak mengelilingi rumah maka esok harinya ada yang meninggal, entah kebetulan atau memang benar adanya bahwa hewan tersebut pembawa berita.

Laba Hitam / Cabung / Semut Hitam

Jika ketiga hewan tersebut memasuki rumah maka yang punya rumah akan kedatangan rezeki yang banyak. Semut hitam yang datang bergerombol banyak.

Anjing Melongo

Mitosnya adalah Jika anda melihat anjing melongo sepanjang malam, maka akan ada musibah yang menimpa

Menabrak Kucing Hingga Tewas

Saat anda berkendara, memang kedatangan kucing sangat cepat dan tidak bisa dihindari. Lari kucing ini sangat cepat, kalau memang belum takdirnya si kucing tidak akan tertabrak walaupun pandangan mata kita melihat kucing tersebut tertabrak. Mungkin salah satu diantara kalian pernah mengemudi mobil dan tiba-tiba ada kucing lari di depan mobil, anda seolah-olah melihat kucing tersebut mati tertabrak tapi setelah dilihat dibelakang tidak ada kucing. Jika menabrak kucing hingga tewas, mitosnya yang menabrak akan kecelakaan. Untuk menghindarinya maka anda harus mengubur kucing tersebut.

Ayam Berkokok

Mitosnya jika ada ayam yang berkokok ters menerus maka sedang ada syetan yang lewat dan hewan tersebut melihatnya.

Katak Masuk Rumah

Mitos arti katak masuk rumah diyakini bahwa yang punya rumah dalam waktu dekat akan kesulitan dalam hal keuangan.

Kejatuhan Cicak

Badan Kejatuhan cicak saat duduk diyakini sebagai pembawa berita bahwa ada saudara kita yang akan terkena musibah.

Kaki Seribu Masuk Rumah

Arti Kaki seribu masuk rumah diyakini sebagai kiriman guna-guna oleh dukun kepada sang pemilik rumah

Terlepas dari betul tidaknya hewan-hewan diatas pembawa berita tidak bisa dipastikan, yang jelas leluhur meyakini bahwa hewan tersebut sebagai penyampai kabar berita. Pada zaman dulu memang kejadian-kejadian aneh sering terjadi dan hewan betul bisa memberikan kabar berita yang akurat.

Untuk zaman sekarang pertanda hewan tinggallah mitos yang sebagaian orang menyangkal kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *