Berikut Ini Jenis Puasa Para Leluhur Tradisi Jawa

Posted on

Secara umum puasa adalah menahan lapar dan haus dari fajar sampai terbenamnya matahari. Dalam tradisi leluhur jawa definisi puasa bukan hanya itu, tapi ada syarat dan laku yang nyeneh bahkan mungkin tidak masuk akal jika kita pikir dengan logika jaman sekarang.

Dalam tradisi leluhur jawa ada banyak jenis puasa, menurut syarat dan kegunaan puasa tersebut. Dan biasanya para leluhur puasa bukan hanya sekedar waktu ibadah ramadhan, tapi ada puasa yang dimaksudkan untuk memperoleh ilmu dan kesaktian tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis puasa para leluhur Jawa :

Puasa Mutih

Puasa mutih adalah menahan makan dan minum selain nasi dan air putih. Jadi seseorang yang sedang puasa mutih dia boleh makan dan minum kapan saja, tetapi hanya nasi dan air putih. Tidak diperbolehkan memakan dan minum selain nasi dan air putih.

Puasa Ngebleng

Puasa ngebleng adalah menahan makan dan minum serta segala aktifitas diluar ruangan. Puasa ngebleng dilakukan didalam ruangan gelap tanpa penerangan, dilarang beraktifitas apapun sampai batas waktu yang ditentukan (sesuai kebutuhan puasa). Diperbolehkan tidur hanya sebentar saja.

Puasa Pati Geni

Puasa pati geni adalah kegiatan didalam ruangan gelap tanpa penerangan dengan menahan makan, minum, tidur serta tidak ber aktifitas apapun. Jadi seorang yang sedang puasa pati geni tidak melakukan aktifitas apapun termasuk dilarang tidur selama waktu yang ditentukan (tergantung kebutuhan).

Puasa Ngrowot

Puasa ngrowot adalah tidak makan dan minum selama waktu yang ditentukan, hanya diperbolehkan memakan buah-buahan saja.

Puasa Senin-kemis

Puasa senin-kemis adalah tidak makan dan minum dari fajar sampai terbenamnya matahari pada hari senin dan kamis.

Puasa Weton

Puasa weton adalah puasa yang dilakukan pada hari kelahiran jawa (weton) misalnya lahir pada hari jumat kliwon, maka puasa weton nya setiap hari Jumat kliwon.

Puasa Neptu 40

Puasa neptu 40 adalah puasa yang dilakukan pada hari yang ber neptu 40 (Dina telu Neptu Patang Puluh). Berikut ini hari yang ber neptu 40 :

  1. Selasa Kliwon – Rabu Legi – Kamis Pahing.
  2. Rabu Pon – Kamis Wage – Jum’at Kliwon.
  3. Kamis Wage – Jum’at Kliwon – Sabtu Legi.
  4. Sabtu Kliwon – Minggu Legi – Senin Pahing.
  5. Jum’at Pahing – Sabtu Pon – Minggu Wage.

Tapa Ngrame

Puasa Ngrame adalah Mengurangi porsi makan dan minum secara pelan-pelan tanpa ada orang lain yang tau. Cara berpuasa ngrame yaitu seperti ‎laku ngurang-ngurangi, yaitu kita berpuasa, namun jangan sampai orang lain tahu kalau kita tengah berpuasa. Dalam keseharian kita tetap beraktifitas seperti biasanya.

Kita hanya diperbolehkan makan sekedarnya, sokur-sokur hanya dua atau tiga sendok makan saja dalam sekali makan. Hari berikutnya ditingkatkan lagi, kalau hari sebelumnya tetap makan 3x sehari, hari yang berikutnya tersebut makan satu kali sehari, dan begitu seterusnya hingga kita benar-benar tidak makan selama kita tidak nirdaya. Jika kita bertamu di tempat orang/teman dan kita disuguhkan sesuatu, kita tetap memakannya tapi hanya sekedarnya saja. Hanya sekedar buat pantes-pantes saja.

Puasa 7 Hari 7 Malam

Puasa 7 Hari 7 Malam adalah menahan makan dan minum selama 7 hari 7 malam. Puasa 7 hari 7 malam hikmahnya bisa membuat seseorang menembus alam suara ghaib..artinya jika ada seseorang mampu tidak makan tidak minum selama 7 hari 7 malam maka ia akan bisa mendengar suara-suara ghaib.

Puasa ini seumpama kisahnya nabi musa as yang sebelum bertemu dengan tuhannya dan mendengar kalamnya (berbicara dengan Allah) ia tidak makan dan minum juga tidak tidur selama 7 hari 7 malam dan nabi musa as pun ahirnya mengalami hal tersebut..akan tetapi kalau kita menirunya maka kita hanya akan bisa mendengar suara ghaib dari para mahluk ghaib Allah..tidak akan seperti nabi musa yang bisa berbicara dengan Allah.

Puasa 21 Hari

Puasa 21 hari seperti puasa ayam yang mengerami telurnya selama 21 hari walaupun ada yang kurang dari 21 hari tapi itu sangat jarang sekali yang lebih banyak adalah 21 hari..hikmahnya siapa yang puasa seperti ayam mengerami telurnya maka ia tidak akan kelaparan dan mudah mencari rijki walaupun hanya dikampungnya saja..seperti ayam yang sanggup bisa hidup walaupun hanya mencari makan disekitar rumah orang yang punya.

Puasa 40 Hari

Puasa 40 hari puasa ini mirip puasa nya angsa yang mengerami telurnya selama 40 hari..hikmahnya.. orang yang puasa 40 hari tidak akan kena penyakit kronis seperti kanker,gila,atau strok dan yang lain nya terkecuali penyakit yang menuju kematianya..karena angsa pun kebanyakan tidak pernah kena penyakit terkecuali mau mati.. Puasa 40 hari 40 malam..puasa itu seperti puasanya nabi musa ketika ingin melihat tuhannya..hikmahnya siapa puasa 40 hari 40 malam maka dia akan bisa melihat kebesaran ilmu Allah sehingga ia akan sangat tinggi ilmu nya dan akan mempunyai kesaktian.

Puasa 60 Hari

Puasa 60 hari. puasa itu seperti puasa nya nabi isa as..hikmahnya..siapa yang puasa 60 hari maka ia akan memahami ilmu pengobatan..seperti nabi isa as yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Puasa 11 Hari

Puasa 11 hari 11 malam..puasa ini seperti puasanya ulat biasa yang tidak berbulu didalam kepongpong nya..hikmahnya..siapa puasa 11 hari 11 malam maka ia akan berubah kehidupanya atau menjadi orang terkenal dalam batas waktu tertentu. Seperti ulat yang tadi nya menjijikan setelah keluar dari kepongpong ia akan menjadi kupu-kupu yang cantik.

Puasa Nabi Daud

Sehari puasa sehari tidak. ini seperti puasa nya nabi daud as..hikmahnya..siapa melakukan puasa seperti itu ia akan sangat disukai suaranya, wajahnya, dan juga ia akan hidup dengan berlimpah anugrah.

Demikian jenis-jenis puasa yang diamalkan para leluhur jawa, dari jenis puasa tradisi jawa tersebut, ada yang memang sesuai dengan ajaran agama islam dan ada puasa yang tidak ada tuntunannya di dalam agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *