KHASIAT WIRID LAHAULA WALA QUWATA ILLA BILLAHIL ALIYIL ADZIM

Posted on

Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim Kalimat ini adalah kalimat yang ringkas, namun syarat makna dan memiliki keutamaan yang luar biasa. Maksudnya adalah tiada keberdayaan dalam menghindari kemaksiatan kepada Allah kecuali sebab –pertolongan- dari Allah dan tidak ada kekuatan atas ketaatan kepada Allah yang dijalankan kecuali dengan bantuan dari Allah. Seperti itulah tafsirannya yang datang dari Rosulillah SAW dari Malaikat Jibril.

Arti Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim Artinya : Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

 

Khasia Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada ‘Abdullah bin Qois,

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ
“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga” (HR. Bukhari no. 7386)

Kalimat “laa hawla wa laa quwwata illa billah” adalah kalimat yang berisi penyerahan diri dalam segala urusan kepada Allah Ta’ala. Hamba tidaklah bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa menolak sesuatu, juga tidak bisa memiliki sesuatu selain kehendak Allah.

Ada ulama yang menafsirkan kalimat tersebut, “Tidak ada kuasa bagi hamba untuk menolak kejelekan dan tidak ada kekuatan untuk meraih kebaikan selain dengan kuasa Allah.”

Ulama lain menafsirkan, “Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya selain dengan kehendak Allah.”
Ibnu Mas’ud berkata,
لا حول عن معصية الله إلا بعصمته، ولا قوة على طاعته إلا بمعونته

“Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindugan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah.”

Imam Nawawi menyebutkan berbagai tafsiran di atas dalam Syarh Shahih Muslim dan beliau katakan, “Semua tafsiran tersebut hampir sama maknanya.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 26-27)

Amalan ini sangat ringkas tapi sungguh sangat luarbiasa khasiatnya, sudah banyak kisah nyata yang mendapatkan keistimawaan dari mengamalkan nya. dari hal yang biasa saja bisa dinalar sampai kejadian yang sangat tidak diduga duga. Kekuatan apanpun tidak ada yang bisa mengalahkan kehendak Allah, itulah inti dari amalan ini. Semoga artikel tentang Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim ini bermanfaat bagi sedulur semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *